Erwin Tobing: Pemuda Tidak Boleh Absen Dalam Mengawal Negara

PONTIANAK, (sahabaterwin.com) Anggota MPR RI dari Dapil Kalimantan Barat, Irjen Pol. (Purn) Erwin TPL Tobing bersama Rumah Aspirasi Sahabat Erwin Tobing mengadakan Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan dihadapan Pemuda dan Mahasiswa yang diselenggarakan di Resto Dunia Laut jalan Supratman Pontianak, rabu malam (15/2)

Acara Sosialiasi dan tatap muka pemuda dan mahasiswa Kalimantan barat dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, moderator kegiatan  Ryamudus Gerry  salah satu Aktivis Pemuda dan Mahasiswa Kalimantan Barat mengawali acara dengan memperkenalkan seluruh narasumber yang hadir. Narasumber pertama yaitu Dr. Purwanto SH. MH. Wakil Rektor Universitas Panca Bakti Pontianak sekaligus Aktivis  HAM Kalimantan Barat, serta narasumber utama yaitu Irjen Pol. (Purn) Erwin TPL Tobing Anggota DPR/MPR RI.

Pada kesempatan itu Erwin Tobing yang juga Anggota Fraksi Partai PDIP DPR RI berharap banyak soal kemajuan bangsa kepada generasi muda. Sebab, generasi muda saat ini terutama Pemuda dan mahasiswa adalah ujung tombak perubahan Kalimantan barat ke depan  dan Indonesia pada umumnya

Erwin yang juga mantan Kapolda kalbar mengingatkan pemuda tidak boleh absen dalam upaya mengawal negara. Khususnya dalam memastikan Pancasila sebagai satu- satunya ideologi yang cocok dan sesuai dengan kepribadian bangsa yang harus terus dilestarikan. Tak hanya itu, dia juga mengajak para pemuda dan mahasiswa untuk mengamalkan isi-isi yang terkandung di UUD 1945. Sebab, semua hal tentang menjadi warga negara yang baik tercantum di dalamnya.

Erwin Tobing saat menyampaikan Materi Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan

Di tempat  yang sama Dr. Purwanto SH. MH  mengatakan bahwa empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika itu tidak boleh sekadar dihapalkan, tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Purwanto berharap pemudan dan mahasiswa  bisa mengemban tugas sejarah dan ideologis untuk mengawal, mengamankan dan menyebarluaskan ideologi Pancasila. Purwanto meningatkan Generasi muda juga mesti mencontoh kerukunan, kebersamaan para Founding Fathers  deklarator sumpah pemuda yang tidak lagi mempersoalkan perbedaan SARA. Mereka kompak satu tujuan demi persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebab pemuda sangat penting buat keberlangsungan bangsa dan negara ini

Sementara itu rumah aspirasi Sahabat Erwin tobing dalam laporannya di wakili leonard mengatakan sosialiasi ini dilandasi cita-cita Nagera Indonesia dalam aliena IV UUD RI 1945 salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Saat moderator membuka sesi tanya jawab dan diskusi, para peserta sangat antusias bertanya. Pertanyaan merekapun sangat kritis dan tajam seputar persoalan sosial poitik yang dihadapi bangsa saat ini. Setelah puas berdiskusi acara ditutup dengan sesi foto bersama. (*)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *